Be Smart , Creative , & Succes

Powered by Blogger.

Tips Menjaga dan Merawat Komputer

Okay, artikel ini saya buat berawal dari pertanyaan dari beberapa teman dan adik tingkat saya
yaitu bagaimana cara aman menggunakan Laptop dan Komputer pada saat dipakai bekerja
dan berinternet, akan saya bahas pada kesempatan ini.
Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi lambatnya kinerja komputer. Diantaranya sering kita kenal dengan nama virus, crash registry, software yang tidak complitable, hardware yang kurang mendukung, dan sisa sisa sampah setelah berinternet juga dapat mempengaruhi kinerja komputer. Dan tentunya dari jenis jenis masalah di atas akan saya bagikan bagaimana solusi dan pencegahan yang baik setidaknya mencegah agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan pada komputer kita, baiklah selanjutnya bisa lihat tips
yang akan saya bagikan di bawah ini :

1. Serangan Sistem Operasi

Yang Pertama dan utama sebenarnya bukan karena kita yang tidak merawat komputer kita namun yang namanya manusia mencari uang jadi semua berlomba membuat lalu menghancurkan, seperti halnya yang kita pakai misalkan sistem operasi windows mulai dari windows xp – sekarang windows 10, selalu di perbaharui tingkat keamaanan namun tetap saja yang namanya buatan manusia selalu mencari celah kerusakan sehingga membuat bermacam macam Virus untuk menghancurkan sistem operasi tersebut, dan ini tentunya membuat beberapa pengguna kewalahan apalagi mereka yang awam akan keamanan komputer, nah jadi solusi yang pertama adalah : Sistem windows rentang akan serangan terhadap Registry, system dll, dan setup dari setiap aplikasi pendukung biasanya menyeranga di bagian ; explorer.exe, boot mgr/ntldr, run, win logon, registry editor, shutdown.exe, system dll , dan lain sebaginya cara pencegahan pertama dari serangan terhadap sistem operasi ini adalah :
 Aktifkan Windows Firewall, Virus Protection, Network Firewall dan intinya bagian Protection Setting
 Gunakan Antivirus cukup 2 Saja, Misal Lokal ( Smadav ), dan Universal ( Bitdefender ). Usahakan selalu Update.
 Gunakan Pengaman FDD/HDD Seperti ( USB Safely remove, USB disk Seccurity )
Untuk beberapa hal di atas sering saya lakukan untuk beberapa komputer yang sering di pakai untuk kinerja penting contohnya Kantor, Sekolah, dan Penjualan. Untuk kekurangan memang biasanya windows firewall dan beberapa antivirus akan memblokir beberapa paket yang masuk atau paket keluar hal ini untuk menjaga keamanan komputer kita, namun itu bisa di minimalisir dengan mematikan sementara lalu lakukan Quick Scanning setelahnya. Untuk Antivirus hati hati jangan sembarang menggunakan karena bisa menghapus data yang sudah ada di komputer kita apa lagi sudah terjangkit virus, saya sarankan pakai Anti Virus Bitdefender karena itu yang sering saya pakai karena mampu memperbaki data tanpa harus menghapus walaupun terjangkit virus. Sedangkan pengaman FDD berfungsi ketika kita sangat ceroboh menggunakan FDD asal colok dan asal cabut, sehingga hal ini membuat bebearapa program yang sedang berjalan crash, jadi gunakan beberapa aplikasi seperti USB Disk Securty atau semacamnya.

2. Serangan Terhadap Program Aplikasi

Seringkali kita menginstall aplikasi dikomputer kita tanpa memerhatikan untuk apa fungsi aplikasi tersebut, hal ini biasa terjadi saat kita berinternet. Untuk mengatisipasi bahwa itu virus atau bukan gunakan antivirus yang mampu mendiagnosa internet juga, Bitdefender adalah salah satunya. Nah untuk hal semacam ini saat akan menginstall aplikasi usahkan baca terlebih dahulu tentang Licence agrement nya, untuk apa fungsi apklikasi tersebut karena jika asal instal ternyata tidak berguna bagi komputerkan percuma, apalagi jika aplikasi tersebut sampai bergiga giga, dan hal ini terjadi juga pada saat di pinjam teman yg tidak tahu atau berinternet, ingat jangan meremehkan aplikasi karena beberapa aplikasi akan membuat berat kinerja komputer dan selalu usahakan pakai aplikasi yang sesuai dengan windows kita jangan melibihi batas kemampuan karena hal ini juga mampu membuat rusak registry windows.

3. Serangan Terhadap Registry dan System Dll

Hampir semua virus, trojan, worm dan lain sejenisnya, di desain untuk menyerangtitik vital ini yaitu dengan cara menjangkit, merusak dan menghilangkan beberaparegistry, hal ini menyebabkan kinerja sistem komputer jadi berantakan dan tidakberaturan dan akibat yang sering terjadi adalah ; sering mati tiba tiba, blank/bluescreen, hank hal ini berakibat fatal bagi yang belum tahu cara penanganannya. Nahsolusi sebulum terkena ushana Antivirus harus selalu update, pakai pembersih registrysudah banyak tersedia seperti ( Tune Up Utility, CC Cleaner ,dsb ) dan selalu aktifkanmode restore pada laptop untuk antisipasi, dan jika sudah terkena maka beda lagihalnya baik akan saya beri sedikit bumbu amannya hehehehe jika sudah terkenagejalanya makal hal pertama adalah jangan merestart komputer ( jika Bisa ), janganjalankan aplikasi lain (wajib), langsung Scan Total dengan Antivirus yang ada sampaiselesai, jika sudah bersihkan registry dengan aplikasi sejenisnya, Tune up, CC Cleaneratau defrag semacamnya, jika masih belum berhasil juga maka langkah terakhir adalah sistem Restore, namun system restore hanya berguna untuk windows 7 ke bawah jika windows 8 ke atas semua menggunakan Recovey dan reset. Jadi solusi nya Install Ulang. ( Semangat )

4. Penggunaan Driver

Nah jangan salah, Driver juga berpengaruh terhadap komputer hal ini berakibat sering terjadinya hang dan bluescreen karena tidak sesuai dengan model Laptop yang kita gunakan, oke.. tipsnya adalah gunakan Penyedia Driver yang sudah ada seperti pada Cobra Driver , Driver Pack Solutions, jika tidak mempunyai driver bawaan dari laptopnya jangn sering mendownload dari blog-blog tertentu hal ini bisa membuat fatal bila tidak sesuai. Terkecuali jika anda mendownload dari situs resmi dan sesuai dengan tipe model laptop anda. Nah mudah kan..

5. Pengguanaan Antivirus

Gunakanlah antivirus, baik antivirus yang gratis maupun berbayar, agar komputer yang anda gunakan aman dari serangan virus, dan lain-lain. Dan tentunya untuk selalu mengupdate anti virus, agar bisa mengenal jenis-jenis virus baru. Dan perhatikan juga environment penggunaan jangan asal install antivirus sembarangan bisa memperlambat kinerja komputer, apalagi lapto yang anda gunakan JADUL hehhee ( Maaf )

6. Bersih – Bersih System

Jangan kamar aja yang di bersihkan, sistem komputer dan hardware juga perlu , Bersihkan sampah-sampah (registry) pada system komputer dengan aplikasi program utility recomended ( Tune Up Utility ). Aplikasi ini sangat cocok untuk merawat system, yaitu menghapus cookies internet, menghapus file-file bekas penginstalan seperti junk file, menghapus sisa-sisa registry, memperbaiki registry error dari program yang crash, mendefragmentasi hardisk dan bisa juga meng-unistall program yang tidak bisa di uninstall dengan cara normal, sedangkan untuk bersih bersih hardware gunakan alat yang sewajarnya misalnya Keyboard gunakan Kuar Kecil/lap kecil, ram dengan penghapus atau tisyu bersih, isi bagiab dalam cpu dengan penyedot debu mini ( jika ada ). Nah itu yang bagian bersih bersih.

7. Berinternet

Hati hati saat berinetnet dengan segala tipuan dan jebakan yang iming-iming video, uang dan sebagainya saat di klik bisa saja itu aplikasi yang di desain khusus untuk memasuki lewat jaringan, solusi selalu gunakan intenet positif, dan gunakan antivirus yang mampu memblokir spam dan fishing, untuk keamanan lainnya juga. Dan tentunya bersihkan cokies setelas berinternet.

8. System Backup

Jika merasa file yang ada di komputer anda sangat penting lebih baik di backup ke fdd atau Cd aja untuk antisipasi, karena kompressi sejenis Rar, Zip atau sejenisnya sekarang sudah rentan akan terserang virus juga jadi untuk mengamankan data sebaiknya simpan data secara berkala, okay.

9. Pakai OS yang ORIGINAL

Nah ininih kebiasaan manusia yang suka gratisan, jadi buat kalian yang sering pakai bajakan itu sebenernya itulah yg membuat mudah terjangkit virus, karena apa tidak adnay dukungan vendor, seperti Windows Update. Nah kalau Pakai yang Ori pasti aman juga karena adanya maintenance online dan windows update selalu aktif jadi aman, nah tapi kalau bajakan teus Windows update di aktifkan malah kacau juga, nih hal yang biasa terjadi akibat windows bajakan yang windows updatenya aktif : Black Screen, karena Loader/patch/cracknya di deteksi bajakan, lelet karena Updatenya lama. Berubah bahasa karena gax tau dari mana asal windows itu, nah itu masalah juga heheheh Solusi ; Beli yang ori tapi MAHAL heeheheh

10. Ganti OS

Hehhehehe ini adalah jurus terakhir, jika dengan semua Tips di atas masih belum mempan ini jurus terakhir yang patut di ikuti yaitu ganti ke sistem operasi Linux hehehehe, karena sampai sekarang masih di bilang anti terhadap serangan virus mungkin karena belum banyak yang menggunakan saja. Cara menggunakan sama saja malah lebih mudah dan yang paling bagusnya GRATIS hehehe, jadi untuk anda yang bosen dengan Windows bisa langsung migrasi deh saya jamin bakalan betah.

Semoga tips yang saya berikan di atas bermanfaat, walaupun selengehan dalam mebuatnya tapi itulah beberapa cara yang sering saya lakukan kalau ada pertanyaan atau comment coret coret aja di bawah, kita bahas bareng bareng...:)

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Tips Menjaga dan Merawat Komputer"

Back To Top